Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday, October 21, 2016

REVIEW FILM HOW FACEBOOK CHANGE THE WORLD

Dalam film ini dijelaskan bagaiman jika suatu rezim memiliki kontrol terhadap media maka mereka juga memiliki tingkat kontrol atas bagaimana sebuah realita akan terungkap.  Namun hal itu sudah mulai tidak lagi relevan ketika adanya media sosial dimana televisi sudah berpindah ke genggaman user. Film ini bermula ketika Husain mulai memposting dalam akunnya tentang sebuah kejadian di sebuah kota kecil, dan dengan adanya Facebook dan internet kemudian memberikan suatu jembatan yang menghubungkan antara kaum miskin pedesaan dan para intelektual yang tahu bagaimana untuk menyebarkan informasi lebih lanjut. Slim Amamou dan Aziz Amami yang mana adalah blogger Tunisia dan aktivis melanjutkan posting itu pada halaman Facebook mereka dan menjadi viral sehingga akhirnya sampai diberitakan di Al Jazeera.



Pemerintah bertekad untuk mencegah massa yang mulai kritis dan membentuk kelompok  demonstrasi di Tunisia, dimana para pengunjuk rasa harus bermain kucing dan tikus dengan aparatur negara melalui sosial media dimana setiap kali demonstran melihat polisi info tersebut disebarkan dari media sosial sehingga massa dapat sampai ke alun-alun di mana demo itu direncanakan. Dengan banyaknya orang yang melakukan hal yang sama massa dapat kembali diarahkan dan menghindari blokade
Meski demikian hanya enam persen dari Mesir memiliki akses ke internet, sehingga kampanye Facebook harus dikombinasikan dengan bentuk yang lebih sederhana. Aktivis sengaja berdiskusi tentang rencana demonstrasi selanjutnya di belakang taksi sehingga para sopir bisa menguping dan menyebarkan berita. Dan juga keberanian individu dapat memicu pergerakan dimana video berapi-api oleh seorang wanita muda bernama Asmaa Mahfouz menjadi viral dan mendorong orang lain untuk keluar di jalan-jalan.  


Namun kemudian para aktivis mengetahui bahwa halaman Facebook mereka dipantau, mereka melakukan strategi dengan memposting beberapa tempat untuk demonstrasi besar. Yang memancing Husni
Mubarak membuat keputusan untuk menutup internet dan jaringan ponsel. Dengan matinya jalur komunikasi justru menimbulkan isu di masyarakat dan memancing mereka untuk turun ke jalan demi mencari informasi tentang apa yang sedang terjadi hal ini yang kemudian menjadi gerakan sosial.

0 comments:

Post a Comment