Pages

Ads 468x60px

Labels

Tuesday, July 31, 2012

KONSEP DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER


KOMPONEN PEMBENTUK SIKAP

Sebagai manusia kita juga memerlukan sikap atau Attitude untuk berinteraksi dengan lingkungan kita. Untuk itu maka anda perlu mengetahui komponen-komponen yang ada dalam kepribadian kita. Komponen pokok dalam kepribadian manusia ada 3 yaitu:

  1. Kepercayaan atau keyakinan, ide dan konsep terhadap suatu objek.
  2. Tingkat emosional atau evaluasi emosional terhadap suatu objek.
  3. Kecenderungan untuk bertindak.

Ketiga komponen ini secara bersama-sama membentuk sikap yang utuh. Dalam penentuan sikap yang utuh ini, pengetahuan, pikiran, keyakinan dan emosi memegang peranan penting.

Berbagai Tingkatan Sikap

Seperti halnya dengan pengetahuan, sikap ini terdiri dari berbagai tingkatan yang bermacam-macam. Tingkatan dari sikap manusia itu dibagi menjadi:

  • Menerima (receiving)
    Menerima diartikan bahwa orang (subjek) mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan (objek). Misalnya sikap orang terhadap gizi dapat dilihat dari kesediaan dan perhatian orang itu terhadap ceramah-ceramah.
  • Merespon (responding
    Memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi dari sikap.
  • Menghargai (valuing)
    Mengajak orang lain untuk mengerjakan atau mendiskusikan suatu masalah adalah suatu indikasi sikap tingkat tiga.
  • Bertanggung jawab
    Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dipilihnya dengan segala resiko merupakan sikap yang paling tinggi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap

Sikap seorang manusia entah itu baik atau buruk tentu memiki faktor penyebab. Nah, agar kita dapat membentuk Sikap menjadi lebih baik tentu kita perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi sikap seorang manusia. Faktor-faktor itu ialah:

  • Pengalaman pribadi
    Apa yang telah dan sedang kita alami akan ikut membentuk dan mempengaruhi penghayatan kita terhadap stimulus sosial.
  • Pengaruh orang lain yang dianggap penting
    Orang lain di sekitar kita merupakan salah satu diantara komoponen sosial yang ikut mempengaruhi sikap kita. Seseorang yang dianggap penting, seseorang yang kita harapkan persetujuannya bagi setiap gerak, tingkah dan pendapat kita, seseorang yang tidak ingin kita kecewakan atau seseorang yang berarti khusus bagi kita akan mempengaruhi pembentukan sikap kita terhadap sesuatu.
  • Pengaruh kebudayaan
    Kebudayaan dimana kita hidup dan dibesarkan mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan sikap kita.
  • Media massa
    Sebagai sarana komunikasi, berbagai bentuk media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah dan lain-lain mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan opini dan kepercayaan. Adanya informasi baru mengenai sesuatu hal memberikan landasan kognitif bagi terbentuknya sikap terhadap hal tersebut.
  • Lembaga pendidikan dan lembaga agama
    Lembaga pendidikan serta lembaga agama sebagai suatu sistem mempunyai pengaruh dalam pembentukan sikap dikarenakan keduanya meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam arti individu.
  • Pengaruh faktor emosional
    Tidak semua bentuk sikap dipengaruhi oleh situasi lingkungan dan pengalaman pribadi seseorang, kadang-kadang sesuatu bentuk sikap merupakan pernyataan yang didasari oleh emosi yang berfungsi yang berfungsi sebagai penyaluran frustasi atau pengalihan bentuk mekanisme pertahanan ego.

0 comments:

Post a Comment