Pages

Ads 468x60px

Labels

Tuesday, July 31, 2012

APA ITU HACKER?


APA ITU HACKER?

Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu hacker? Apakah semua hacker itu jahat? Apakah ada sertifikat untuk hacker? Jika pertanyaan tersebut masih mengganjal di pikiran anda maka artikel ini akan menjawab semua pertanyaan anda.
Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya peretas itu sendiri menginginkan, maka ia juga bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya. Hacker dapat di klasifikasikan sebagai berikut :

  • White Hats Hacker

    White Hats merupakan hacker yang bekerja sebagai system analist,system administrator maupun security analist. White hats bekerja dalam sistem dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjaga sistem agar tetap bekerja dengan baik dan tidak diacak-acak oleh orang lain. White Hats hackers rata-rata memiliki sertifikat kode etik hacker, misalnya CEH (Certified Ethical Hacker)
  • Gray Hats Hacker

    Gray Hats merupakan peretas yang bersifat offensivelly dan defensivelly. Gray Hats merupakan orang yang melakukan attacking terhadap sistem tetapi juga membuat pertahanan terhadap sistem. Hacker tipe ini merupakan hacker yang membobol sistemnya untuk mendapatkan bugs dan lubang dari sistemnya yang kemudian mempelajari dan menutup lubang tersebut.
  • Black Hats Hacker

    Black Hats merupakan peretas yang bekerja sebagai attacker dan mengambil manfaat dari sistem yang diserangnya. Black Hats merupakan peretas yang merusak sistem atau sering juga disebut sebagai cracker. Contoh aksi yang dilakukan oleh hacker Black Hats antara lain membobol situs perbankan, mengambil account (Carding), dan lain sebagainya
  • Suicide Hacker

    Suicide Hacker merupakan peretas yang memiliki cara kerja sama persis seperti Black Hats Hacker, bersifat destruktif dan tidak peduli terhadap ancaman yang akan menimpanya. Namun suicide hacker merupakan orang yang tidak memiliki tujuan yang jelas, hanya membobol, mengambil keuntungan, ingin terkenal dan tidak takut terhadap hukum.

0 comments:

Post a Comment