Kita mulai dengan mengetik coding berikut :
package JavaApplication5;
import javax.swing.JOptionPane;
Lalu deklarasikan variable dengan coding berikut yang nantinya digunakan di bawah class.
public class MenuDariJOption {
private static String name;
private static String des;
private static String gender;
private static String kelamin;
private static int validDes;
static StringBuilder binerHasil = new StringBuilder();
static StringBuilder hexaHasil = new StringBuilder();
static StringBuilder oktalHasil = new StringBuilder();
static String sc;
Kemudian untuk menampilkan proses konversi bilangan ke biner , hexa , dan oktal ketikkan coding berikut:
public static void keBiner(int n){
if(n>1){
keBiner(n/2);
System.out.print(n%2);
binerHasil.append(n%2);
}
}
public static void keHexa(int n){
char[] daftarHexa={'0','1','2','3','4','5','6','7','8','9','A','B','C','D','E','F'};
if(n>0){
keHexa(n/16);
System.out.print(daftarHexa[n%16]);
hexaHasil.append(daftarHexa[n%16]);
}
}
public static void keOktal(int n){
char[] daftarOktal={'0','1','2','3','4','5','6','7','8'};
if(n>0){
keHexa(n/8);
System.out.print(daftarOktal[n%8]);
oktalHasil.append(daftarOktal[n%8]);
}
}
Dan berikut ini coding untuk menginputkan bilangan desimal:
public static void inputDesJOption(){
des=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan " + "Bil.Desimalnya = ");
try{
if(des.isEmpty()){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Inputan angka ya! Ndak boleh kosong!!");
inputDesJOption();//kembali input angka
}
}catch(NullPointerException npe){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Tolong - tolong diisi angka dulu!!");
inputDesJOption();//kembali input angka
}
}
tuliskan coding berikut untuk menampilkan hasil konversi bilangan:
public static void eksepsiInpBiner(){
inputDesJOption();
try {
validDes=Integer.parseInt(des);
keBiner(validDes);
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Dikonversikan dalam Biner hasilnya : "+binerHasil, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE );
binerHasil = new StringBuilder();
}catch(NumberFormatException nfe){
JOptionPane.showMessageDialog(null, des+" Bukan angka!! "+ "\nMasukkan angka ae!!");
eksepsiInpBiner();
}
}
public static void eksepsiInpHexa(){
inputDesJOption();
try {
validDes=Integer.parseInt(des);
keHexa(validDes);
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Dikonversikan dalam Biner hasilnya : "+hexaHasil, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE );
hexaHasil = new StringBuilder();
}catch(NumberFormatException nfe){
JOptionPane.showMessageDialog(null, des+" bukan angka!! "+ "\nMasukkan angka ae!!");
eksepsiInpHexa();
}
}
public static void eksepsiInpOktal(){
inputDesJOption();
try {
validDes=Integer.parseInt(des);
keOktal(validDes);
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Dikonversikan dalam Biner hasilnya : "+oktalHasil, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE );
oktalHasil = new StringBuilder();
}catch(NumberFormatException nfe){
JOptionPane.showMessageDialog(null, des+" bukan angka!! "+ "\nMasukkan angka ae!!");
eksepsiInpOktal();
}
}
public static void outHasilBiner(){
eksepsiInpBiner();
}
public static void outHasilHexa(){
eksepsiInpHexa();
}
public static void outHasilOktal(){
eksepsiInpOktal();
}
Kemudian berikut ini coding untuk menampilkan input dialog nama dan gender
public static void inpNama(){
name=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
try{
if(name.isEmpty()){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nama ndak boleh kosong!!");
inpNama();//kembali input nama
}
}catch(NullPointerException npe){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Harap diisi nama dulu ya!!");
inpNama();//kembali input nama
}
}
//menampilkan input dialog jenis Kelamin (gender)
public static void jenisKelamin(){
gender=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Jenis Kelamin Anda (laki-laki / Perempuan) : ");
try{
if(gender.isEmpty()){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Harus diisi lho yaa.... Jenis Kelamin ???");
jenisKelamin();
}
}
catch(NullPointerException npt){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Apa sich jenis kelamin kamu ???");
jenisKelamin();
}
if ("laki-laki".equals(gender)) {
kelamin="Saudara, ";
}
else{
if("perempuan".equals(gender)){
kelamin="Saudari, ";
}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hanya bisa diisi laki-laki dan Perempuan saja !!");
jenisKelamin();
}
}
}
Lalu di bawah ini untuk menampilkan terbilang dan pecahan.
//Terbilang
String[] angka = {"", "Satu", "Dua", "Tiga", "Empat", "Lima", "Enam", "Tujuh", "Delapan", "Sembilan", "Sepuluh", "Sebelas"};
private String sebut(int x) {
String bilang = "";
int y = x / 100;
if (y > 0) {
bilang = angka[y] $2B " Ratus ";
if (y == 1) {
bilang = "Seratus ";
}
x %= 100;
}
if (x < 12) {
bilang += angka[x];
} else {
y = x / 10;
x %= 10;
if (y == 1) {
bilang += angka[x] + " Belas";
} else {
bilang += angka[y] + " Puluh " + angka[x];
}
}
return bilang;
}
private String terbilang(long x) {
int y;
String bilang = "";
String[] satuan = {"", " Ribu ", " Juta ", " Milyar ", " Trilyun ", " Quadrilyun ", " Quintilyun "};
if (x > Math.pow(10, 20)) {
return "Bilangan terlalu besar";
}
for (int i = 6; i > 0; i--) {
y = (int) (x / Math.pow(10, i * 3));
if (y > 0) {
if (y == 1 && i == 1) {
bilang += " Seribu ";
} else {
bilang += sebut(y) + satuan[i];
}
}
x %= Math.pow(10, i * 3);
}
bilang += sebut((int) x);
return bilang;
}
public static void outTerbilang() {
sc = JOptionPane.showInputDialog("Masukan bilangan yang akan disebut : ");
try {
if (sc.isEmpty()) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Mana sich bilangannya ?? Isi dulu yaa.. !!");
outTerbilang();
} else {
JOptionPane.showMessageDialog(null, new MenuDariJOption().terbilang(new Long(sc)), "TERBILANG", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
} catch (NullPointerException not) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jangan keluar dulu, harus diisi dulu.. !!");
outTerbilang();
} catch (NumberFormatException nae) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hey '" + sc + "'"
+ " .... bukan angka !!"
+ "\nMasukkan angka saja !!");
outTerbilang();
}
}
public static void hasilPecahan() {
int desimal;
String str = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan bilangan yang akan dipecah : ");
try {
if (str.isEmpty()) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Kosong nih, isi dulu ya.. !!");
hasilPecahan();
} else {
desimal = Integer.parseInt(str);
int satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, duabelas, tigabelas;
satu = desimal / 100000;
desimal %= 100000;
dua = desimal / 50000;
desimal %= 50000;
tiga = desimal / 20000;
desimal %= 20000;
empat = desimal / 10000;
desimal %= 10000;
lima = desimal / 5000;
desimal %= 5000;
enam = desimal / 2000;
desimal %= 2000;
tujuh = desimal / 1000;
desimal %= 1000;
delapan = desimal / 500;
desimal %= 500;
sembilan = desimal / 200;
desimal %= 200;
sepuluh = desimal / 100;
desimal %= 100;
sebelas = desimal / 50;
desimal %= 50;
duabelas = desimal / 10;
desimal %= 10;
tigabelas = desimal / 1;
desimal %= 1;
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jumlah seratus ribuan = " + satu
+ "\nJumlah lima puluh ribuan = " + dua
+ "\nJumlah dua puluh ribuan = " + tiga
+ "\nJumlah sepuluh ribuan = " + empat
+ "\nJumlah lima ribuan = " + lima
+ "\nJumlah dua ribuan = " + enam
+ "\nJumlah seribuan = " + tujuh
+ "\nJumlah lima ratusan = " + delapan
+ "\nJumlah dua ratusan = " + sembilan
+ "\nJumlah seratusan = " + sepuluh
+ "\nJumlah lima puluhan = " + sebelas
+ "\nJumlah lima satuan = " + duabelas
+ "\nJumlah satuan = " + tigabelas, "PECAHAN", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
} catch (NullPointerException not) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Eeiittss mau kemana ?? Isi dulu bilangannya.. !!");
hasilPecahan();
} catch (NumberFormatException nae) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hey '" + str + "'"
+ " .... bukan angka !!"
+ "\nMasukkan angka saja !!");
hasilPecahan();
}
}
Coding di bawah ini untuk kembali proses ke awal menginputkan nama:
public static void kembaliMenu(){
inpNama();
jenisKelamin();
}
Selanjutnya untuk exit.
public static void thanks(){
JOptionPane.showMessageDialog(
null
, "Terima Kasih "+kelamin+name+" !"
+ " sudah mau mampir di program konversi bilangan saya :)"
, "Thank you"
, JOptionPane.PLAIN_MESSAGE
, null
);
}
Coding untuk menampilkan pilihan menu.
public static void menuJOption(){
inpNama();
jenisKelamin();
String[] pilihan = {"BINER", "HEXA", "OKTAL", "TERBILANG", "PECAHAN", "KEMBALI", "KELUAR"};
while (true) {
int response = JOptionPane.showOptionDialog(
null
, "Selamat Datang "+kelamin+name+" !!"
+ "\nPilih Konversi Bilangan dibawah ini?"// Pesan
, "Konversi Bilangan" // Judul di Tittlebar
, JOptionPane.YES_NO_OPTION // Tipe Option
, JOptionPane.PLAIN_MESSAGE // Tipe Pesan
&nbrp; , null
, pilihan
, null // Default button
);
switch(response){
case 0:
outHasilBiner();
break;
case 1:
outHasilHexa();
break;
case 2:
outHasilOktal();
break;
case 3:
outTerbilang();
break;
case 4:
hasilPecahan();
break;
case 5:
kembaliMenu();
break;
case 6:
case -1:
thanks();
default:
System.exit(0);
}
}
}
Dan yang terakhir untuk menampilkan output hasil dari coding keseluruhan.
public static void main (String[] args){
menuJOption();
}
0 comments:
Post a Comment